Senin, 20 Juli 2015

PTS PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RPP KURIKULUM 2013



LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH
PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN  KURIKULUM 2013 MELALUI  PENDAMPINGAN DI SDN KEDUNGORI 1 UPTD DIKPORA KECAMATAN DEMPET KABUPATEN DEMAK TAHUN 2015
diknas






OLEH
KARTONO, S.Pd
 (NIM. 942014034)


UPTD DIKPORA KECAMATAN DEMPET
KABUPATEN DEMAK
2015

HALAMAN PENGESAHAN
Yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa Laporan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang berjudul :

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM  MENYUSUN RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN  KURIKULUM 2013 MELALUI  PENDAMPINGAN   DI SDN KEDUNGORI 1 UPTD DIKPORA KECAMATAN DEMPET TAHUN 2015

 Disusun oleh :
KARTONO, S.Pd
          (NIM. 942014034)             

Telah diperiksa dan diteliti oleh Kepala Sekolah SDN Kedungori 1 untuk dapat dipublikasikan sebagai Pengembangan kepfrofesian Berkelanjutan (PKB) serta dapat dipergunakan sebagai syarat penilaian angka kredit guru yang bersangkutan atau untuk keperluan lainnya.

Kedungori, 20 Mei  2015
Kepala SDN Kedungori 1


SUPRIYANTO, S.Pd
(NIM. 942014034)

HALAMAN PERSETUJUAN

UNTUK DIDOKUMENTASIKAN DI PERPUSTAKAAN


Karya Ilmiah ini diajukan sebagai syarat untuk memenuhi penetapan angka kredit kenaikan pangkat dalam jabatan fungsional guru melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Karya ilmiah ini bisa dipublikasikan, telah disetujui dan disahkan untuk didokumentasikan di perpustakaan SDN Kedungori 1.
           
Pada Hari         : ……………………
            Tanggal            : ……………………

 Pustakawan                                                                             Kepala
 SDN Kedungori 1                                                                    SDN Kedungori 1
 UPTD Dikpora Kec. Dempet                                                  UPTD Dikpora Kec. Dempet                 
   


ELVIRA INDAH ARYANI, S.Pd                               SUPRIYANTO, S.Pd                                                                                                  NIP. 19710627 199903 1 007.



ABSTRAK

Kartono, 2015. Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Melalui Pendampingan di SD Negeri Kedungori 1 UPTD Dikpora Kecamatan Dempet Kabupaten Demak.
Sekalipun guru SD Negeri Kedungori 1 telah mengikuti pelatihan Kurikulum 2013 namun masih banyak mengalami kesulitan menyusun RPP Kurikulum 2013 sesuai Peremedikbud 103 tahun 2014. Hasil monitoring dan evaluasi kepala sekolah menunjukkan bahwa hanya 10% dari  semua guru 10 orang yang bisa menyusun RPP terbaru tersebut..
Salah satu faktor penyebab adalah kurang sosialisasi  pelatihan Kurikulum 2013 kepada teman sejawat. Padahal SD Negeri Kedungori 1 merupakan salah satu SD Piloting Kurikulum 2013 di kabupaten Demak.
Kondisi tersebut dipengaruhi oleh : (1) kesibukan guru, (2) kurang adanya pendampingan dan (3) kurang sosialisasi.
Terkait dengan permasalahan di atas, perlu adanya bantuan penanganan yang memadai.  Dalam hal ini upaya yang  dilakukan adalah dengan melaksanakan pendampingan, yang bertujuan  pada peningkatan kompetensi guru melalui siklus yang sistematis. Analisa data yang dilaksanakan menggunakan analisa diskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dengan tahapan siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 (empat) langkah meliputi : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini, 10 guru dari  sekolah yang menjadi subyek penelitian, semuanya menunjukkan peningkatan kompetensia sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Saran yang diajukan adalah : (1) perlu diintensifkan peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP melalui kegiatan pendampingan atau sejenisnya (2) untuk meningkatkan kompetensi guru, sekolah, perlu adanya wahana semacam IHT, agar mereka dapat saling bertukar pengalaman melalui dialog akademis.
Kata kunci : Kompetensi guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pendampingan

KATA PENGANTAR
Puji syukur Penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan Rahmat dan Hidayahnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini.
Laporan Penelitian Tindakan Sekolah ini disusun dalam rangka memenuhi angka kredit guru melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB.
Keberhasilan peningkatan mutu pendidikan, khususnya kualitas pengelolaan kelas sangat ditentukan oleh penguasaan kompetensi secara memadai oleh guru. Untuk meningkatkan kompetensi guru antara lain dapat ditempuh melalui peningkatan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) .
Untuk itulah, maka melalui penelitian di sekolah, peneliti membuat karya ilmiah Penelitian Tindakan Sekolah pada saat semester 2 bersamaan dengan tugas kuliah Studi S2 di UKSW Salatiga. Untuk melaksanakan kegiatan “Penelitian Tindakan Sekolah”, maka pada pelaksanaannya peneliti berkolaborasi dengan teman sejawat guru.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dalam penyelenggaraan kegiatan ini. dimungkinkan terdapat sejumlah kekuarangannya, semoga saja laporan penelitian Tindakan Sekolah ini mendapatkan perhatian dan saran yang konstruktif dari berbagai pihak yang berkompeten.
                                                                                    Demak, 20 Mei  2015
                                                                                    Peneliti



KARTONO, S.Pd
NIP. 19710627 199903 1 007
                                               
DAFTAR ISI

Halaman Judul……………………………………………………………………    i
Lembar Pengesahan………………………………………………………………    ii
Daftar Isi………………………………………………………………………….    iii
Halaman Persetujuan untuk Didokumentasikan di Perpustakaan…………………  iv
Abstrak.......……………………………………………………………………        v
Kata Pengantar……………………………………………………………………   vi
Daftar Lampiran…………………………………………………………………… vii
BAB I PENDAHULUAN.………………………………………………………..  1
  1. Latar Belakang……………………………………………………………    1
  2. Identifikasi Masalah………………………………………………………   5
  3. Pembatasan Masalah………………………………………………………   6
  4. Rumusan Masalah…………………………………………………………   6
  5. Pemechan Masalah…………………………………………………………  6
  6. Tujuan Penelitian…………………………………………………………..  7
  7. Manfaat Penelitian…………….…………………………………………… 8
BAB II TINJAUAN PUSTAKA …………………………………………………  10
A.    Pengertian Guru..…………………………………………………………    12
B.     Standar Kompetensi Guru…………………………………………………  12
C.     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran………………………………………    14
D.    Pendampingan…………….………………………………........................   18

BAB III METODE PENELITIAN…………………..…………………………… 20
A.    Setting Penelitian…………………………………………………………    20
B.     Persiapan Penelitian Tindakan Sekolah.…………………………………     21
C.     Subjek Penelitian…………………………………………………..………  21
D.    Sumber data………………………………………………………............    21
E.     Teknik Dan Alat Pengumpulan Data………………………………. ........    21
F.      Prosedur Penelitian…..…………………………………………………       23
G.    Rencana Pelaksanaan……………………………………………………      26
H.    Indikator Pencapaian Hasil………………………………………………     27
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN PENELITIAN………………………… 29
A.    Deskripsi Hasil Penelitian…………………………………………………   29
B.     Pembahasan ……………… ………………………………………………  32
BAB V Simpulan Dan Saran
A.    Simpulan …………………………………………………………………    37
B.     Saran………………………………………………………………………   38
Daftar Pustaka………………………………………………………………………            39

LAMPIRAN









BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
            Pendidikan merupakan investasi dalam  pengembangan sumber daya manusia dan dipandang sebagai kebutuhan dasar bagi masyarakat yang ingin maju. Komponen-komponen sistem pendidikan yang mencakup sumber daya manusia dapat digolongkan menjadi dua yaitu:  tenaga kependidikan guru dan nonguru . Menurut Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan, ”komponen-komponen sistem pendidikan yang bersifat sumber daya manusia dapat digolongkan menjadi tenaga pendidik dan pengelola satuan pendidikan ( penilik, pengawas, peneliti dan pengembang pendidikan ).” Tenaga gurulah yang mendapatkan perhatian lebih banyak di antara komponen-komponen sistem pendidikan. Besarnya perhatian terhadap guru antara lain dapat dilihat dari banyaknya kebijakan khusus seperti kenaikan tunjangan fungsional guru dan sertifikasi guru.
Usaha-usaha  untuk mempersiapkan guru menjadi profesional telah banyak dilakukan. Kenyataan menunjukkan bahwa tidak semua guru memiliki kinerja yang baik dalam melaksanakan tugasnya. “Hal itu ditunjukkan dengan kenyataan (1) guru sering mengeluh kurikulum yang berubah-ubah, (2) guru sering mengeluhkan kurikulum yang syarat dengan beban, (3) seringnya siswa mengeluh dengan cara mengajar guru yang kurang menarik, (4) masih belum dapat dijaminnya kualitas pendidikan sebagai mana mestinya” (Imron, 2000:5).
            Berdasarkan kenyataan begitu berat dan kompleksnya tugas serta peran guru tersebut, perlu diadakan supervisi atau pembinaan terhadap guru secara terus menerus untuk meningkatkan kinerjanya. Kinerja guru perlu ditingkatkan agar usaha membimbing siswa untuk belajar dapat berkembang.
            ”Proses pengembangan kinerja guru terbentuk dan terjadi dalam kegiatan belajar mengajar di tempat mereka bekerja. Selain itu kinerja guru dipengaruhi oleh hasil pembinaan dan supervisi kepala sekolah” (Pidarta, 1992:3). Pada  pelaksanaan Kurikulum 2013 menuntut kemampuan baru pada guru untuk dapat mengelola proses pembelajaran secara  efektif dan efisien.  Tingkat produktivitas sekolah dalam memberikan pelayanan-pelayanan secara efisien kepada pengguna ( peserta didik, masyarakat ) akan sangat tergantung pada kualitas gurunya yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran dan  keefektifan mereka dalam melaksanakan tanggung jawab individual dan kelompok.
            Direktorat Pembinaan PendidikanDasar (2008:3) menyatakan ”kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh kemampuan sekolah dalam mengelola proses pembelajaran, dan lebih khusus lagi adalah proses pembelajaran yang terjadi di kelas, mempunyai andil dalam menentukan kualitas pendidikan konsekuensinya, adalah guru harus mempersiapkan (merencanakan ) segala sesuatu agar proses pembelajaran di kelas berjalan dengan efektif”.

Hal ini berarti bahwa guru sebagai fasilitator yang mengelola proses pembelajaran di kelas mempunyai andil dalam menentukan kualitas pendidikan. Konsekuensinya adalah guru harus mempersiapkan ( merencanakan) segala sesuatu agar proses pembelajaran di kelas berjalan dengan efektif.
Perencanaan pembelajaran merupakan langkah yang sangat penting sebelum pelaksanaan pembelajaran. Perencanaan yang matang diperlukan supaya pelaksanaan pembelajaran  berjalan secara efektif. Perencanaan pembelajaran dituangkan ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau beberapa istilah lain seperti desain pembelajaran, skenario pembelajaran. RPP memuat KI, KD, indikator yang akan dicapai, materi yang akan dipelajari,  langkah pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar serta penilaian.
             Guru harus mampu berperan sebagai desainer (perencana), implementor (pelaksana), dan evaluator (penilai) kegiatan pembelajaran. Guru merupakan faktor yang paling dominan karena di tangan gurulah keberhasilan pembelajaran dapat dicapai. Kualitas mengajar guru secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran pada umumnya. Seorang guru dikatakan profesional apabila  (1) serius melaksanakan tugas profesinya, (2) bangga   dengan  tugas  profesinya, ( 3) selalu menjaga dan berupaya meningkatkan kompetensinya, (4) bekerja dengan  sungguh  tanpa  harus  diawasi,  (5)  menjaga   nama  baik   profesinya, (6) bersyukur atas imbalan yang diperoleh dari profesinya.
Peraturan Pemerintah Nomor 19  Tahun 2005 tentang 8 Standar Nasional Pendidikan menyatakan   standar  proses merupakan salah satu SNP untuk satuan pendidikan dasar dan menengah yang mencakup: 1) Perencanaan proses pembelajaran, 2) Pelaksanaan proses pembelajaran, 3) Penilaian hasil pembelajaran, 4) dan pengawasan proses pembelajaran. Perencanaan pembelajaran meliputi Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
             Silabus dan RPP dikembangkan oleh guru  pada satuan pendidikan . Guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun Silabus dan RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas,  dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. 
            Masalah yang terjadi di lapangan masih ditemukan adanya guru (baik di sekolah negeri maupun swasta) yang tidak bisa memperlihatkan  RPP yang dibuat dengan alasan ketinggalan di rumah dan bagi guru yang sudah  membuat RPP masih ditemukan adanya guru yang belum melengkapi komponen tujuan pembelajaran dan penilaian (soal, skor dan kunci jawaban), serta langkah-langkah kegiatan pembelajarannya masih dangkal. Soal, skor, dan kunci jawaban merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.  Pada  komponen  penilaian ( penskoran dan kunci jawaban) sebagian besar guru tidak lengkap membuatnya dengan alasan sudah tahu dan ada di kepala. Sedangkan pada komponen tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pembelajaran, dan sumber belajar sebagian besar guru sudah  membuatnya. Masalah yang lain yaitu sebagian besar guru khususnya di sekolah swasta belum mendapatkan pelatihan pengembangan RPP. Selama ini guru-guru yang mengajar di sekolah swasta sedikit/jarang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti berbagai Diklat Peningkatan Profesionalisme Guru dibandingkan sekolah negeri. Hal ini menyebabkan banyak guru yang belum tahu dan memahami penyusunan/pembuatan RPP secara baik/lengkap. Beberapa guru mengadopsi RPP orang lain. Hal ini  peneliti ketahui pada saat  mengadakan supervisi akademik (supervisi kunjungan kelas) ke sekolah binaan. Permasalahan tersebut berpengaruh besar terhadap pelaksanaan proses pembelajaran.
 Dengan keadaan demikian, peneliti sebagai pembina sekolah  berusaha untuk memberi pendampingan pada guru dalam menyusun RPP Kurikulum secara lengkap sesuai dengan tuntutan Permendikbud 103 tahun 2014 dan standar penilaian Permendikbud 104 tahun 2014 yang merupakan bagian dari standar nasional pendidikan. Hal itu juga sesuai dengan harapan peneliti sebagai calon kepala sekolah bersamaan dengan kegiatan On the Job Learning (OJL) sekolah   berdasarkan tugas dari LPPKS seorang calon kepala sekolah harus melakukan rencana tindak kepemimpinan untuk membina guru.
            Rencana Pelaksanaan Pembelajaran harus dibuat agar kegiatan pembelajaran berjalan sistematis dan mencapai tujuan pembelajaran. Tanpa Rencana Pelaksanaan   Pembelajaran, biasanya pembelajaran menjadi tidak terarah. Oleh karena itu, guru harus mampu menyusun RPP dengan lengkap berdasarkan silabus yang disusunnya. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sangat penting bagi seorang guru  karena merupakan acuan dalam melaksanakan proses pembelajaran.

B.  Identifikasi Masalah
             Berdasarkan latar belakang di atas, maka masalah-masalah yang muncul dapat diidentifikasikan sebagai berikut.  
     1. Guru banyak yang belum paham dan termotivasi dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 dengan lengkap.
     2. Sebagian besar guru belum mendapatkan pelatihan pengembangan Kurikulum 2013.
        3. Ada guru yang tidak bisa memperlihatkan RPP Kurikulum 2013 yang dibuatnya dengan berbagai alasan.
     4. RPP Kurikulum 2013 yang dibuat guru komponennya belum lengkap/ tajam khususnya pada komponen langkah-langkah pembelajaran dan penilaian.
     5. Guru banyak yang mengadopsi RPP Kurikulum 2013 dari orang lain.

C.  Pembatasan Masalah
              Dari lima masalah yang diidentifikasikan di atas, masalahnya dibatasi menjadi:
1. Guru belum paham dalam menyusun RPP Kurikulum 2013.                                                           
 2. RPP Kurikulum 2013 yang dibuat guru belum lengkap.

D.  Perumusan Masalah
              Berdasarkan  latar belakang, identifikasi, dan pembatasan masalah di atas, diajukan   rumusan masalah sebagai berikut.
Apakah  dengan  bimbingan  berkelanjutan akan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP ?

E.  Pemecahan Masalah/Tindakan
1.  Peneliti mencoba untuk mengambil tindakan dengan memberi penjelasan dan pendampingan  serta  arahan kepada  guru tentang pentingnya seorang guru membuat RPP secara lengkap. Dengan pendampingan diharapkan guru termotivasi dalam menyusun RPP dengan lengkap dan dapat digunakan sebagai acuan atau panduan dalam mengajar, agar KI dan KD yang terdapat dalam standar isi  dapat tersampaikan semua karena sudah ada dalam RPP yang dibuat oleh guru. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada siklus pertama.
2. Peneliti mencoba untuk melihat proses peningkatan kemampuan guru dalam menyusun  RPP melalui instrument proses yang telah dirancang yaitu  berupa lembar observasi/pengamatan komponen RPP Kurikulum 2013 berdasarkan Permendikbud No 103 tahun 2013 yang memuat sembilan komponen yaitu: 1) identitas mata pelajaran, 2) kompetensi inti, 3) kompetensi dasar, 4) indikator pencapaian kompetensi, 5) materi ajar, 6) alokasi waktu, 7)  kegiatan pembelajaran, 8) sumber belajar dan 9) penilaian hasil belajar ( soal, skor dan kunci jawaban ), untuk melihat apakah guru sudah membuat RPP dengan lengkap. Hal itu nanti akan dibuktikan dengan melihat  RPP  yang dibuat oleh guru. Terjadi peningkatan atau tidak pada siklus ke-2.

F.  Tujuan Penelitian
Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui pendampingan di sekolah binaan (Kabupaten Demak.


G.  Manfaat Penelitian
Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini diharapkan dapat memberikan manfaat
1.      Manfaat bagi peneliti
a.  Meningkatkan kemampuan profesionalisme peneliti untuk melakukan penelitian tindakan sekolah sesuai dengan permasalahan yang dihadapi di sekolah binaan peneliti.
b.      Meningkatkan kemampuan peneliti  dalam menyusun serta menulis   laporan dan artikel ilmiah.
c.       Sebagai motivasi bagi peneliti  dalam  membuat  karya  tulis  ilmiah.
d.      Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh peneliti  sebagai syarat untuk kenaikan  golongan ke- IV a.
e.       Dengan adanya pengalaman menulis, dapat memberikan bimbingan kepada teman-teman guru yang akan menulis.
f.       Hasil penelitian ini digunakan peneliti sebagai evaluasi terhadap guru dalam menyusun RPP yang selanjutnya akan digunakan sebagai bahan kajian kepada guru di sekolah sedabin..
2.      Manfaat bagi sekolah
 a. Akan berdampak adanya peningkatan administrasi guru pada KBM yang lebih lengkap.
     b.   Dapat meningkatkan  kualitas   pendidikan  karena  Kompetensi Inti dan  Kompetensi  Dasar   sudah tersampaikan.
3.       Manfaat bagi guru
                a. Dapat meningkatkan kompetensi dalam membuat RPP dengan lengkap  serta menciptakan kesadaran guru tentang tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan tugasnya.
                b.  Sebagai panduan dan arahan dalam mengajar  sehingga apa yang diinginkan dalam standar isi dapat tersampaikan.
4.      Manfaat bagi siswa
   a.  Adanya kesiapan belajar,  keseriusan , keingintahuan,  dan  semangaat belajar tinggi terhadap pelajaran.
   b. Siswa lebih percaya diri dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga   tercapai target kompetensinya.






BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A.         Pengertian  Guru
            Secara etimologi ( asal usul kata), istilah ”Guru” berasal dari bahasa India yang   artinya ”  orang   yang   mengajarkan   tentang  kelepasan   dari   sengsara”  Shambuan, Republika, ( dalam Suparlan 2005:11).
      Kemudian Rabindranath Tagore (dalam Suparlan 2005:11) menggunakan istilah Shanti Niketan atau rumah damai untuk tempat para guru mengamalkan tugas mulianya membangun spiritualitas anak-anak bangsa di India ( spiritual intelligence).
            Pengertian guru kemudian menjadi semakin luas, tidak hanya terbatas dalam kegiatan keilmuan yang bersifat kecerdasan spiritual (spiritual intelligence) dan kecerdasan intelektual (intellectual intelligence), tetapi juga menyangkut kecerdasan kinestetik  jasmaniah (bodily kinesthetic), seperti guru tari, guru olah raga, guru senam dan guru musik. Dengan demikian, guru dapat diartikan sebagai orang yang tugasnya terkait dengan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dalam semua aspeknya, baik spiritual dan emosional, intelektual, fisikal, maupun aspek lainnya.
Poerwadarminta ( dalam Suparlan 2005:13)  menyatakan, “guru adalah orang yang kerjanya mengajar.” Dengan definisi ini, guru disamakan dengan pengajar. Pengertian guru ini hanya menyebutkan satu sisi yaitu sebagai pengajar, tidak termasuk pengertian guru sebagai pendidik dan pelatih. Selanjutnya  Zakiyah Daradjat (dalam Suparlan  2005:13) menyatakan,” guru adalah pendidik profesional karena guru telah menerima dan memikul beban dari orang tua untuk ikut mendidik anak-anak.”
UU Guru dan Dosen Republik Indonesia No.14 Tahun 2005 ”Guru adalah pendidik  profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah”.

Selanjutnya UU No.20 Tahun 2003 pasal 39 ayat 2 tentang sistem pendidikan nasional  menyatakan, ”pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan  dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pendampingandan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi.”
PP  No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan menyatakan, ”pendidik (guru) harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.”
            Berdasarkan definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa guru adalah tenaga pendidik yang profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik, dan bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran.


B.  Standar Kompetensi Guru
      1. Pengertian Standar Kompetensi Guru
            Depdiknas (2004:4) kompetensi diartikan, ”sebagai pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai dasar yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak” . “Secara sederhana kompetensi diartikan seperangkat kemampuan yang meliputi pengetahuan, sikap, nilai dan keterampilan yang harus dikuasai dan dimiliki seseorang dalam rangka melaksanakan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawab pekerjaan dan/atau jabatan yang disandangnya” (Nana Sudjana 2009:1).
            Nurhadi (2004:15) menyatakan, “kompetensi merupakan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai dasar yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak”. Selanjutnya menurut para ahli pendidikan McAshan (dalam Nurhadi 2004:16) menyatakan, ”kompetensi diartikan Sebagai pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan yang dikuasai seseorang sebagai pengetahuan,
keterampilan, dan kemampuan yang dikuasai seseorang yang telah menjadi bagian dari dirinya, sehingga dapat melakukan perilaku-perilaku koqnitif, afektif, dan psikomotor dengan sebaik-baiknya.”
            Kompetensi diartikan sebagai pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai dasar yang direfleksikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak (Dalam Suparlan). Arti lain dari kompetensi adalah spesifikasi dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dimiliki seseorang serta penerapannya di dalam pekerjaan, sesuai dengan standar kinerja yang dibutuhkan oleh lapangan.
            Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan kompetensi adalah sebagai suatu kecakapan untuk melakukan sesuatu pekerjaan berkat pengetahuan, keterampilan ataupun keahlian yang dimiliki untuk melaksanakan suatu pekerjaan.
            Undang-Undang Guru dan Dosan No.14 Tahun 2005 Pasal 8 menyatakan, ” guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.”  Dari rumusan di atas jelas disebutkan pemilikan kompetensi oleh setiap guru merupakan syarat yang mutlak harus dipenuhi oleh guru. Dengan demikian, kompetensi yang dimiliki oleh setiap guru akan menunjukkan kualitas guru yang sebenarnya.
            Selanjutnya Pasal 10 menyebutkan empat kompetensi yang harus dimiliki oleh  guru  yakni  (1)  kompetensi   pedagogik, (2) kompetensi  kepribadian, (3) kompetensi sosial, dan (4) kompetensi profesional.  Kompetensi  tersebut akan terwujud dalam bentuk penguasaan pengetahuan, keterampilan, maupun sikap profesional dalam menjalankan fungsi sebagai guru.
            Berdasarkan beberapa definisi  di atas dapat disimpulkan  standar Kompetensi guru adalah suatu pernyataan tentang kriteria yang dipersyaratkan, ditetapkan dalam bentuk  penguasaan perangkat kemampuan yang meliputi pengetahuan, sikap, nilai dan keterampilan bagi seorang tenaga kependidikan sehingga layak disebut kompeten. Standar kompetensi guru dipilah ke dalam tiga komponen  yang  kait- mengait,   yakni:  1)  pengelolaan  pembelajaran, 2)    pengembangan  profesi,  dan   3) penguasaan akademik. Komponen pertama terdiri atas empat kompetensi, komponen kedua memiliki satu kompetensi, dan komponen ketiga memiliki dua kompetensi. Dengan demikian, ketiga komponen tersebut    secara      keseluruhan   meliputi   tujuh  kompetensi dasar, yaitu:  1)    penyusunan   rencana pembelajaran,  2) pelaksanaan  interaksi belajar mengajar, 3) penilaian prestasi belajar peserta didik, 4) pelaksanaan tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar peserta didik,  5) pengembangan   profesi,  6)   pemahaman  wawasan      kependidikan,  dan     7) penguasaan bahan kajian akademik ( sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan).
                  Abdurrahman Mas’ud (dalam Suparlan 2005:99) menyebutkan tiga kompetensi dasar yang   harus   dimiliki  guru,  yakni:  (1) menguasai materi atau bahan  ajar,  (2) antusiasme, dan ( 3) penuh kasih sayang (loving) dalam mengajar dan mendidik.
2. Tujuan dan Manfaat Standar Kompetensi Guru
Depdiknas (2004: 4) tujuan  adanya Standar Kompetensi Guru adalah sebagai jaminan dikuasainya tingkat kompetensi minimal oleh guru sehingga yang bersangkutan dapat melakukan tugasnya secara profesional, dapat dibina secara efektif dan efisien serta dapat melayani pihak yang berkepentingan terhadap proses pembelajaran, dengan sebaik-baiknya sesuai bidang tugasnya. Adapun manfaat disusunnya standar kompetensi guru adalah sebagai acuan pelaksanaan uji kompetensi, penyelenggaraan diklat, dan pembinaan, maupun acuan bagi pihak yang berkepentingan terhadap kompetensi guru untuk melakukan evaluasi, pengembangan bahan ajar dan sebagainya bagi tenaga kependidikan.
C.  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
1.  Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan RPP. Silabus merupakan sebagian sub-sistem pembelajaran yang terdiri dari atau yang satu sama yang lain saling berhubungan dalam rangka mencapai tujuan. Hal penting yang berkaitan dengan pembelajaran adalah penjabaran tujuan yang disusun berdasarkan indikator yang ditetapkan.
     Philip Combs ( dalam Kurniawati, 2009:66 ) menyatakan bahwa perencanaan program pembelajaran merupakan suatu penetapan yang memuat komponen-komponen pembelajaran secara sistematis. Analisis sistematis merupakan proses perkembangan pendidikan yang akan mencapai tujuan pendidikan agar lebih efektif dan efisien disusun secara logis, rasional, sesuai dengan kebutuhan siswa, sekolah, dan daerah (masyarakat). Perencanaan program pembelajaran adalah hasil pemikiran, berupa keputusan yang akan dilaksanakan . Selanjutnya   Oemar Hakim (dalam Kurniawati 2009:74) menyatakan, ”bahwa  perencanaan program pembelajaran pada hakekatnya merupakan perencanaan program jangka pendek untuk memperkirakan suatu proyeksi  tentang sesuatu yang akan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran”.
     Permendiknas No. 103 tahun 2014 menyatakan, “Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar dalam beberapa pertemuan yang mengacu pada standar isi, standar kelulusan dan telah dijabarkan dalam silabus.”
     Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa perencanaan  pembelajaran adalah suatu upaya menyusun perencanaan pembelajaran yang akan dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam kurikulum sesuai dengan kebutuhan siswa, sekolah, dan daerah.
Dalam Kurikulum 2013, guru bersama warga sekolah berupaya menyusun kurikulum dan perencanaan program pembelajaran, meliputi: program tahunan, program semester, silabus, dan rencana peleksanaan pembelajaran. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. RPP merupakan acuan guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk setiap KD. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam RPP memuat hal-hal yang langsung berkaitan dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu KD.
       2.  Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
             Menurut Permendiknas No. 103 Tahun 2014, komponen RPP terdiri dari a). identitas   mata   pelajaran,  (b)  r  kompetensi inti,  (c)  kompetensi dasar, (d) indikator  pencapaian  kompetensi,  (e) materi ajar, (f) alokasi waktu , (g) kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintific dan tematik integratif. (h) sumber belajar, (i) penilaian hasil belajar meliputi:  soal, skor dan kunci jawaban.  
 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19  (2005 pasal 20) menyatakan bahwa,   ”RPP  minimal memuat sekurang-kurangnya lima komponen yang meliputi:  (1) tujuan pembelajaran, (2) materi ajar, (3) metode pengajaran, (4) sumber belajar, dan (5) penilaian hasil belajar.”
3.  Prinsip-Prinsip Penyusunan RPP
            Permendiknas No. 103 Tahun 2014 menyatakan  dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:  a) memperhatikan perbedaan individu   peserta    didik,  b)   mendorong      partisipasi    aktif peserta  didik, c) mengembangkan budaya membaca dan menulis, d) memberikan umpan balik dan tindak lanjut, e) keterkaitan dan keterpaduan, f) menerapkan teknologi informasi dan komunikasi RPP .
4. Langkah- langkah Menyusun RPP
Langkah-langkah   menyusun   RPP  adalah  a)   mengisi   kolom   identitas,
b) Menentukan alokasi waktu yang dibutuhkan untuk pertemuan yang telah ditetapkan, c) Menentukan SK, KD, dan indikator yang akan digunakan yang terdapat pada silabus yang telah disusun, d) Merumuskan indikator pencapaian berdasarkan KI, KD, e) mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/pembelajaran yang terdapat dalam silabus, materi ajar merupakan uraian dari materi pokok/pembelajaran, f)  merumuskan langkah-langkah yang terdiri dari kegiatan awal, inti dan akhir. g) menentukan alat/bahan/sumber belajar yang digunakan, i) menyusun kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran dan kunci jawaban
       5. Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menyusun RPP
          Dalam penyusunan RPP perlu memperhatikan hal sebagai berikut: (a) RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau  lebih, b) tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang harus di capai oleh peserta didik sesuai dengan  kompetenrsi  dasar, c) tujuan pembelajaran dapat mencakupi sejumlah indikator, atau satu tujuan pembelajaran untuk beberapa indikator, yang penting tujuan pembelajaran harus mengacu pada pencapaian indikator,  d) Kegiatan pembelajaran (langkah-langkah pembelajaran) dibuat setiap pertemuan, bila dalam satu RPP terdapat 3 kali pertemuan, maka dalam RPP tersebut terdapat 3 langkah pembelajaran, e). Bila terdapat lebih dari satu pertemuan untuk indikator yang sama, tidak perlu dibuatkan langkah kegiatan yang lengkap untuk setiap pertemuannya.
D.  Pendampingan
 Pengertian Pendampingan
              Frank Parson. 1951 (dalam RM Fatihah  http://eko13.wordpress.com) menyatakan, “pendampingansebagai bantuan yang diberikan kepada individu untuk dapat memilih, mempersiapkan diri dan memangku suatu jabatan dan mendapat kemajuan dalam jabatan yang dipilihnya.” Chiskon 1959 (dalam RM Fatihah http://eko13.wordpress.com ) menyatakan,  pendampingan membantu individu untuk lebih mengenal berbagai informasi tentang dirinya sendiri.”
             Berikutnya  Bernard dan Fullmer 1969  (dalam RM Fatihah http://eko13.wordpress.com ) menyatakan,  ”bahwa b[endampingan dilakukan untuk meningkatkan perwujudan diri individu.” Dapat dipahami bahwa pendampingan membantu individu untuk mengaktualisasikan diri dengan lingkungannya. Menurut Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia, ”pendampingan  adalah  petunjuk  penjelasan cara mengerjakan sesuatu, tuntutan.”
             Dari beberapa pengertian pendampingan di atas, dapat ditarik kesimpulan  bahwa pendampingan adalah pemberian bantuan kepada individu secara  berkelanjutan dan sistematis yang dilakukan oleh seorang ahli yang telah mendapat latihan khusus untuk itu,dimaksudkan agar individu dapat memahami dirinya, lingkungannya, serta dapat mengarahkan diri dan menyesuaikan diri dengan lingkungan untuk dapat mengembangkan potensi dirinya secara optimal untuk kesejahteraan dirinya dan kesejahteraan masyarakat. Menurut Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pendampingan  berlangsung terus menerus, berkesinambungan.”
     Berdasarkan pengertian pendampingan dapat ditarik suatu kesimpulan  bahwa pendampingan    adalah  pemberian bantuan  yang diberikan seorang ahli kepada seseorang atau individu secara berkelanjutan berlangsung secara terus menerus untuk dapat mengembangkan potensi dirinya secara optimal dan mendapat kemajuan dalam bekerja












BAB III
METODE PENELITIAN

A.       Setting Penelitian
Setting  dalam  penelitian  ini  meliputi:  tempat penelitian,  waktu penelitian , jadwal penelitian, dan siklus PTS sebagai berikut :
      1. Tempat Penelitian
   Penelitian Tindakan Sekolah  dilaksanakan di sekolah sendiri  berstatus negeri yaitu SDN Kedungori 1.
   Pemilihan   sekolah    tersebut   bertujuan  untuk  meningkatkan    kompetensi   guru   dalam  menyusun  rencana  perlaksanaan  pembelajaran (RPP)   dengan lengkap.
       2. Waktu Penelitian
PTS  ini  dilaksanakan  pada   semester  dua  tahun   2015  selama kurang lebih satu setengah bulan  mulai April sampai dengan Mei 2015.
             3. Jadwal Pelaksanaan Penelitian                                                                  
Jadwal pelaksanaan  penelitian seperti pada tabel berikut.
No.
Kegiatan
Waktu
 1.
Membuat proposal
6 s.d. 7 April 2015
 2.
Merevisi proposal
8 s.d. 9 April 2015
 3.
Melaksanakan PTS
13 April s.d. 25 April 2015
 4.
Membuat laporan PTS
27 April  s.d. 9 Mei  2015
 5.
Mempresentasikan hasil PTS
13 s.d.15 Mei 2015

4. Siklus Penelitian
         Penelitian Tindakan Sekolah  dilaksanakan melalui dua  siklus  untuk melihat     peningkatan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP ).
B.  Persiapan Penelitian Tindakan Sekolah
Sebelum PTS dilaksanakan, dibuat berbagai input  instrument  yang  digunakan   untuk  mendapatkan data dan informasi.
C.  Subjek Penelitian
  Yang menjadi subyek dalam PTS ini adalah  guru SDN Kedungri 1.
D.  Sumber Data
  Sumber data dalam PTS ini adalah  rencana pelaksanaan pembelajaran yang  sudah  dibuat guru.
E.  Teknik dan Alat Pengumpulan Data
1. Teknik
   Teknik  pengumpulan  data dalam penelitian ini  adalah  wawancara,     observasi, dan diskusi.
    a.  Wawancara dipergunakan untuk mendapatkan  data atau informasi  tentang  pemahaman guru terhadap  RPP Kurikulum 2013.
               b.  Observasi dipergunakan untuk mengumpulkan data dan mengetahui   kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan lengkap.
    c.    Diskusi dilakukan antara peneliti dengan guru.
   2.  Alat Pengumpulan Data
   Alat pengumpulan data dalam PTS ini sebagai berikut.
   a. Wawancara menggunakan panduan wawancara untuk mengetahui kemampuan awal yang dimiliki guru tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013.
   b. Observasi menggunakan lembar observasi untuk mengetahui komponen RPP Kurikulum 2013 yang telah dibuat dan yang belum dibuat  oleh  guru .
   c.  Diskusi dilakukan dengan maksud untuk sharing pendapat antara    peneliti dengan guru.


F.  Prosedur Penelitian
Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research), yaitu sebuah penelitian yang merupakan kerjasama antara peneliti dan guru,  dalam meningkatkan  kemampuan  guru agar  menjadi  lebih baik dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran .
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat peningkatan yang terjadi dari siklus ke siklus. ”Metode deskriptif dapat diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan/melukiskan keadaan subjek/objek penelitian (seseorang, lembaga, masyarakat, dan lain-lain) pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya (Nawawi, 1985:63). Dengan metode ini peneliti berupaya menjelaskan data yang peneliti kumpulkan melalui komunikasi langsung atau wawancara,   observasi/pengamatan,  dan  diskusi yang berupa persentase atau angka-angka.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan yang dialami oleh guru  dalam menyusun RPP.  Selanjutnya peneliti memberikan alternatif atau  usaha guna meningkatkan kemampuan guru dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran.  
Hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam Penelitian Tindakan Sekolah, menurut  Sudarsono, F.X, (1999:2) yakni:
1. Rencana      :  Tindakan apa yang akan dilakukan untuk meningkatkan  kompetensi guru dalam menyusun RPP secara lengkap. Solusinya yaitu dengan melakukan : a) wawancara dengan guru dengan menyiapkan lembar wawancara, b) Diskusi dalam suasana yang menyenangkan  dan c) memberikan pendampingan  dalam menyusun RPP Kurikulum 2013 secara lengkap.
2. Pelaksanaan:    Apa yang dilakukan oleh peneliti sebagai upaya meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun  RPP Kurikulum 2013yang lengkap yaitu dengan memberikan pendampingan pada guru  sekolah sendiri .
3. Observasi:        Peneliti melakukan pengamatan terhadap RPP  Kurikulum 2013 yang  telah dibuat    untuk memotret  seberapa jauh kemampuan guru  dalam menyusun  RPP Kurikulum 2013 dengan lengkap, hasil atau dampak dari tindakan yang telah dilaksanakan oleh guru dalam   mencapai sasaran.
                            Selain itu juga peneliti  mencatat hal-hal yang terjadi dalam pertemuan dan wawancara. Rekaman dari pertemuan dan  wawancara akan digunakan untuk analisis dan komentar kemudian.
4. Refleksi:          Peneliti mengkaji, melihat, dan mempertimbangkan hasil atau dampak dari tindakan yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil dari refleksi ini, peneliti bersama guru melaksanakan revisi atau perbaikan terhadap RPP Kurikulum 2013 yang telah disusun  agar sesuai dengan rencana awal yang mungkin saja masih bisa sesuai dengan yang peneliti inginkan.
Prosedur penelitian adalah suatu rangkaian tahap-tahap penelitian dari awal sampai akhir. Penelitian ini merupakan proses pengkajian sistem berdaur sebagaimana kerangka berpikir yang dikembangkan oleh Suharsimi Arikunto dkk. Prosedur ini mencakup tahap-tahap: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Keempat kegiatan tersebut saling terkait dan secara urut membentuk sebuah siklus. Penelitian Tindakan Sekolah merupakan penelitian yang bersiklus, artinya penelitian dilakukan secara berulang dan berkelanjutan sampai tujuan penelitian dapat tercapai.”
Alur PTS dapat dilihat pada Gambar  berikut :








 














Gambar  Alur Penelitian Tindakan Kelas
G.  Rencana Pelaksanaan
 Rencana pelaksanaan dilakukan dalam dua siklus yaitu:
1. Siklus Pertama (Siklus I )
 a).Peneliti merencanakan tindakan pada siklus I (membuat    format/instrumen wawancara, penilaian RPP Kurikulum 2013, rekapitulasi hasil penyusunan RPP Kurikulum 2013).                                           
b). Peneliti memberi kesempatan kepada guru untuk mengemukakan kesulitan   atau hambatan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013.
b).   Peneliti menjelaskan kepada guru tentang pentingnya RPP  Kurikulum 2013 dibuat secara lengkap.
c).   Peneliti memberikan pendampingan dalam pengembangan RPP Kurikulum 2013.
d).               Peneliti melakukan observasi/pengamatan terhadap RPP Kurikulum 2013yang telah dibuat guru.
f).   Peneliti melakukan revisi atau perbaikan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran yang lengkap.
e).   Peneliti dan guru melakukan refleksi.
2. Siklus Kedua (Siklus II)
a). Peneiti merencanakan tindakan pada siklus II yang mendasarkan pada revisi/perbaikan pada siklus I, seperti menugasi guru menyusun RPP Kurikulum 2013yang kedua, mengumpulkan, dan melakukan pendampinganpenyusunan RPP Kurikulum 2013.
b). Peneliti melaksanakan tindakan sesuai dengan rencana pada siklus II.
c). Peneliti melakukan observasi terhadap RPP Kurikulum 2013 yang telah dibuat guru. 
d). Peneliti melakukan perbaikan atau revisi penyusunan RPP Kurikulum 2013.
d). Peneliti dan guru melakukan refleksi.

H.  Indikator Pencapaian Hasil
Peneliti mengharapkan secara rinci indikator pencapaian hasil paling rendah 78 % guru membuat kesembilan komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebagai berikut.
 1.  Komponen identitas mata pelajaran diharapkan ketercapaiannya 100%.
 2.  Komponen kompetensi inti diharapkan ketercapaiannya 85%.
 3.  Komponen kompetensi dasar diharapkan ketercapaiannya 85%.
 4. Komponen indikator pencapaian kompetensi diharapkan ketercapaiannya 75%.
5   Komponen materi pembelajaran diharapkan kecercapaian 75%.
 6.   Komponen alokasi waktu diharapkan ketercapaiannya 75%.
 7. Komponen langkah-langkah kegiatan pembelajaran diharapkan ketercapaiannya 70%.
      8.   Komponen sumber belajar diharapkan ketercapaiannya 70%.
       9. Komponen penilaian  diharapkan  ketercapaiannya 75%.













BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN PENELITIAN

A.     Deskripsi Hasil Penelitian
Dari hasil wawancara terhadap delapan orang guru, peneliti memperoleh  informasi bahwa semua guru (delapan orang) belum tahu kerangka penyusunan RPP Kurikulum 2013 , hanya sekolah yang memiliki dokumen standar proses (satu buah), hanya dua orang guru yang pernah mengikuti pelatihan pengembangan RPP Kurikulum 2013 , umumnya guru mengadopsi dan mengadaptasi RPP Kurikulum 201 , kebanyakan guru tidak tahu dan tidak paham menyusun RPP Kurikulum 2013 secara lengkap, mereka setuju bahwa guru harus menggunakan RPP Kurikulum 2013dalam melaksanakan proses pembelajaran yang dapat dijadikan acuan/pedoman dalam proses pembelajaran. Selain itu, kebanyakan guru belum tahu dengan komponen-komponen RPP Kurikulum 2013 secara lengkap.
Berdasarkan hasil observasi peneliti terhadap delapan RPP Kurikulum 2013yang dibuat guru (khusus pada siklus I), diperoleh informasi/data bahwa masih ada guru yang tidak melengkapi RPP-nya dengan komponen dan sub-subkomponen RPP tertentu, misalnya komponen indikator dan penilaian hasil belajar (pedoman penskoran dan kunci jawaban). Rumusan kegiatan siswa pada komponen langkah-langkah kegiatan pembelajaran masih kurang tajam, interaktif, inspiratif, menantang, dan sistematis.
Dilihat dari segi kompetensi guru, terjadi peningkatan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dari siklus ke siklus . Hal itu dapat dilihat pada lampiran Rekapitulasi Hasil Penyusunan RPP Kurikulum 2013dari Siklus ke Siklus (Lampiran  4).


Siklus I (Pertama)
Siklus pertama terdiri dari empat tahap yakni: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi seperti berikut ini.
1. Perencanaan ( Planning )
a.       Membuat lembar wawancara
b.      Membuat format/instrumen penilaian RPP Kurikulum 2013
c.       Membuat format rekapitulasi hasil penyusunan RPP Kurikulum 2013siklus I dan II
d.      Membuat format rekapitulasi hasil penyusunan RPP Kurikulum 2013dari siklus ke siklus
2. Pelaksanaan (Acting)
Pada saat awal siklus pertama indikator pencapaian hasil dari setiap komponen RPP belum sesuai/tercapai seperti rencana/keinginan peneliti.  Hal itu dibuktikan  dengan masih adanya komponen RPP  yang belum dibuat  oleh guru. Sembilan komponen RPP Kurikulum 2013 yakni:   1) identitas, 2)  kompetensi inti, 3) kompetensi dasar, 4) indikator pencapaian kompetensi, 5)  materi ajar, 6) alokasi waktu, 7) langkah-langkah kegiatan pembelajaran, 8 sumber belajar, 9)  penilaiaan hasil belajar ( soal, pedoman penskoran, dan kunci jawaban). Hasil observasi pada siklus kesatu dapat dideskripsikan berikut ini:
     Observasi dilaksanakan Selasa, 13 April 2015, terhadap delapan orang guru. Semuanya menyusun RPP Kurikulum 2013 , tapi masih ada guru yang belum melengkapi RPP-nya baik dengan komponen maupun sub-sub komponen RPP tertentu. Satu orang tidak melengkapi RPP-nya dengan komponen indikator pencapaian kompetensi.  Untuk komponen penilaian hasil belajar, dapat dikemukakan sebagai berikut.
-          Satu orang tidak melengkapinya dengan teknik dan bentuk instrumen.
-          Satu orang tidak melengkapinya dengan teknik, bentuk instumen, soal, pedoman penskoran, dan kunci jawaban.
-          Dua orang tidak melengkapinya dengan teknik, pedoman penskoran, dan kunci jawaban.
-          Satu orang tidak melengkapinya dengan soal, pedoman penskoran, dan kunci jawaban.
-          Satu orang tidak melengkapinya dengan pedoman penskoran dan kunci jawaban.                                                                                                       Selanjutnya mereka dibimbing dan disarankan untuk melengkapinya.
Siklus II (Kedua)
Siklus kedua  juga terdiri dari empat tahap yakni: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil observasi pada siklus kedua dapat dideskripsikan berikut ini:
     Observasi dilaksanakan Selasa, 20 April 2015, terhadap delapan orang guru. Semuanya menyusun RPP Kurikulum 2013 , tapi masih ada guru yang keliru dalam menentukan kegiatan siswa dalam langkah-langkah kegiatan pembelajaran dan metode pembelajaran, serta tidak memilah/ menguraikan materi pembelajaran dalam sub-sub materi. Untuk komponen penilaian hasil belajar, dapat dikemukakan sebagai berikut.
-          Satu orang keliru dalam menentukan teknik dan bentuk instrumennya.
-          Satu orang keliru dalam menentukan bentuk instrumen berdasarkan teknik penilaian yang dipilih.
-          Dua orang kurang jelas dalam menentukan pedoman penskoran.
-          Satu orang tidak menuliskan rumus perolehan nilai siswa.
Selanjutnya mereka dibimbing dan disarankan untuk melengkapinya.

B.       Pembahasan
Penelitian Tindakan Sekolah dilaksanakan di SDN Kedungori 1 UPTD Dikpora Kecamatan Dempet Kabupaten Demak yang merupakan sekolah binaan peneliti berstatus swasta, terdiri atas delapan guru, dan dilaksanakan dalam dua siklus. Kedelapan guru tersebut menunjukkan sikap yang baik dan termotivasi dalam menyusun RPP Kurikulum 2013 dengan lengkap. Hal ini peneliti ketahui dari hasil pengamatan pada saat melakukan wawancara dan pendampingan penyusunan RPP Kurikulum 2013.
            Selanjutnya dilihat dari kompetensi guru dalam menyusun RPP Kurikulum 2013, terjadi peningkatan dari siklus ke siklus.
1.        Komponen Identitas
Pada siklus pertama semua guru (delapan orang) mencantumkan identitas dalam RPP-nya (melengkapi RPP-nya dengan identitas). Jika dipersentasekan, 84%. Lima orang guru mendapat skor 3 (baik) dan tiga orang mendapat skor 4 (sangat baik). Pada siklus kedua kedelapan guru tersebut mencantumkan identitas dalam RPP-nya. Semuanya mendapat skor 4 (sangat baik). Jika dipersentasekan, 100%, terjadi peningkatan 16% dari siklus I.
2.        Komponen Kompetensi Inti
Pada siklus pertama semua guru (delapan orang) mencantumkan kompetensi inti dalam RPP-nya (melengkapi RPP-nya dengan standar kompetensi). Jika dipersentasekan, 81%. Masing-masing satu orang guru mendapat skor 1, 2, dan 3 (kurang baik, cukup baik, dan baik). Lima orang guru mendapat skor 4 (sangat baik). Pada siklus kedua kedelapan guru tersebut mencantumkan standar kompetensi dalam RPP-nya. Dua orang mendapat skor 3 (baik) dan enam orang mendapat skor 4 (sangat baik).  Jika dipersentasekan, 94%, terjadi peningkatan 13% dari siklus I.
3.        Komponen Kompetensi Dasar
Pada siklus pertama semua guru (delapan orang) mencantumkan kompetensi dasar dalam RPP-nya (melengkapi RPP-nya dengan kompetensi dasar). Jika dipersentasekan, 81%. Satu orang guru masing-masing mendapat skor 1, 2, dan 3 (kurang baik, cukup baik, dan baik). Lima orang guru mendapat skor 4 (sangat baik). Pada siklus kedua kedelapan guru tersebut mencantumkan kompetensi dasar dalam RPP-nya. Dua orang mendapat skor 3 (baik) dan enam orang mendapat skor 4 (sangat baik).  Jika dipersentasekan, 94%, terjadi peningkatan 13% dari siklus I.
4.    Komponen Indikator Pencapaian Kompetensi
Pada siklus pertama tujuh orang guru mencantumkan indikator pencapaian kompetensi dalam RPP-nya (melengkapi RPP-nya dengan indikator pencapaian kompetensi). Sedangkan satu orang tidak mencantumkan/melengkapinya. Jika dipersentasekan, 56%. Dua orang guru masing-masing mendapat skor 1 dan 2 (kurang baik dan cukup baik). Empat orang guru mendapat skor 3 (baik). Pada siklus kedua kedelapan guru tersebut mencantumkan indikator pencapaian kompetensi dalam RPP-nya. Tujuh orang mendapat skor 3 (baik) dan satu orang mendapat skor 4 (sangat baik).  Jika dipersentasekan, 78%, terjadi peningkatan 22% dari siklus I.
6.    Komponen Materi Ajar
Pada siklus pertama semua guru (delapan orang) mencantumkan materi ajar dalam RPP-nya (melengkapi RPP-nya dengan materi ajar). Jika dipersentasekan, 66%. Satu orang guru masing-masing mendapat skor 1 dan 4 (kurang baik dan sangat baik), dua orang mendapat skor 2 (cukup baik),  dan empat orang mendapat skor 3 (baik). Pada siklus kedua kedelapan guru tersebut mencantumkan materi ajar dalam RPP-nya. Enam orang mendapat skor 3 (baik) dan dua orang mendapat skor 4 (sangat baik).  Jika dipersentasekan, 81%, terjadi peningkatan 15% dari siklus I.
7.    Komponen Alokasi Waktu
Pada siklus pertama semua guru (delapan orang) mencantumkan alokasi waktu dalam RPP-nya (melengkapi RPP-nya dengan alokasi waktu). Semuanya mendapat skor 3 (baik). Jika dipersentasekan, 75%. Pada siklus kedua kedelapan guru tersebut mencantumkan alokasi waktu dalam RPP-nya. Tiga orang mendapat skor 3 (baik) dan lima orang mendapat skor 4 (sangat baik).  Jika dipersentasekan, 91%, terjadi peningkatan 16% dari siklus I.
8. Komponen Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pada siklus pertama semua guru (delapan orang) mencantumkan langkah-langkah kegiatan pembelajaran dalam RPP-nya (melengkapi RPP-nya dengan langkah-langkah kegiatan pembelajaran). Jika dipersentasekan, 53%. Tujuh orang guru mendapat skor 2 (cukup baik), sedangkan satu orang  mendapat skor 3 (baik). Pada siklus kedua kedelapan guru tersebut mencantumkan langkah-langkah kegiatan pembelajaran dalam RPP-nya. Satu orang mendapat skor 2 (cukup baik) dan tujuh orang mendapat skor 3 (baik). Jika dipersentasekan, 72%, terjadi peningkatan 19% dari siklus I.
10.  Komponen Sumber Belajar
Pada siklus pertama semua guru (delapan orang) mencantumkan sumber belajar dalam RPP-nya (melengkapi RPP-nya dengan sumber belajar). Jika dipersentasekan, 66%. Tiga orang guru mendapat skor 2 (cukup baik), sedangkan lima orang  mendapat skor 3 (baik). Pada siklus kedua kedelapan guru tersebut mencantumkan sumber belajar dalam RPP-nya. Dua orang mendapat skor 2 (cukup baik) dan enam orang mendapat skor 3 (baik). Jika dipersentasekan, 69%, terjadi peningkatan 3% dari siklus I.
11.  Komponen Penilaian Hasil Belajar
Pada siklus pertama semua guru (delapan orang) mencantumkan penilaian hasil belajar dalam RPP-nya meskipun sub-sub komponennya (teknik, bentuk instrumen, soal), pedoman penskoran, dan kunci jawabannya kurang lengkap. Jika dipersentasekan, 56%. Dua orang guru masing-masing mendapat skor 1 dan  3 (kurang baik dan baik), tiga orang  mendapat skor 2 (cukup baik), dan satu orang mendapat skor 4 (sangat baik). Pada siklus kedua kedelapan guru tersebut mencantumkan penilaian hasil belajar dalam RPP-nya meskipun ada guru yang masih keliru dalam menentukan teknik dan bentuk penilaiannya. Tujuh orang mendapat skor 3 (baik) dan satu orang mendapat skor 4 (sangat baik). Jika dipersentasekan, 78%, terjadi peningkatan 22% dari siklus I.
Berdasarkan pembahasan di atas terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP. Pada siklus I nilai rata-rata komponen RPP Kurikulum 2013 69%,  pada siklus II nilai rata-rata komponen RPP Kurikulum 2013 83%, terjadi peningkatan 14%.
Untuk mengetahui lebih jelas peningkatan setiap komponen RPP Kurikulum 2013, dapat dilihat pada lampiran Rekapitulasi Hasil Penyusunan RPP Kurikulum 2013 dari Siklus ke Siklus di SDN Kedungori 1 (Lampiran  4).








BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

A.       Kesimpulan
Berdasarkan hasil Penelitian Tinadakan Sekolah (PTS) dapat disimpulkan sebagai berikut.
1.       Pendampingan  dapat meningkatkan motivasi guru dalam menyusun RPP Kurikulum 2013 dengan lengkap. Guru menunjukkan keseriusan dalam memahami dan menyusun RPP Kurikulum 2013 apalagi setelah mendapatkan bimbingan pengembangan/penyusunan RPP dari peneliti. Informasi ini peneliti peroleh dari hasil pengamatan pada saat mengadakan wawancara dan bimbingan pengembangan/penyusunan RPP Kurikulum 2013kepada para guru.
2.    Pendampingan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP Kurikulum 2013 . Hal itu dapat dibuktikan  dari hasil observasi /pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan  kompetensi guru dalam menyusun  RPP Kurikulum 2013 dari siklus ke siklus . Pada siklus I nilai rata-rata komponen RPP Kurikulum 201369% dan pada siklus II 83%. Jadi, terjadi peningkatan 14% dari siklus I.

B.      Saran
  Telah terbukti bahwa dengan  pendampingan  dapat meningkatkan  motivasi  dan  kompetensi guru dalam menyusun RPP Kurikulum 2013. Oleh karena itu, peneliti menyampaikan beberapa saran sebagai berikut.
1.  Motivasi yang sudah tertanam khususnya dalam penyusunan RPP Kurikulum 2013 hendaknya terus dipertahankan dan ditingkatkan/ dikembangkan .
2.     RPP Kurikulum 2013 yang disusun/dibuat hendaknya mengandung komponen-komponen RPP secara lengkap dan baik karena RPP  Kurikulum 2013 merupakan acuan/pedoman dalam melaksanakan pembelajaran.
3.    Dokumen  RPP Kurikulum 2013 hendaknya dibuat  minimal dua rangkap, satu untuk arsip sekolah dan satunya lagi untuk pegangan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.









DAFTAR PUSTAKA

Daradjat, Zakiyah. 1980. Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang.
Dewi, Kurniawati Eni . 2009. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Dan Sastra Indonesia Dengan Pendekatan Tematis. Tesis. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Depdiknas. 2003. UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
              Jakarta:  Depdiknas.
             2004. Standar Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
             2005. UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta:  Depdiknas.
             2005. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
             2007. Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007a tentang Standar Proses. Jakarta: Depdiknas.

             2007. Permendiknas RI No. 12 Tahun 2007b tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah. Jakarata: Depdiknas.

              2008. Perangkat Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pembelajaran SMA. Jakarta.

               2008. Alat  Penilaian  Kemampuan  Guru. Jakarta:  Depdiknas.
              2009. Petunjuk Teknis Pembuatan Laporan Penelitian Tindakan Sekolah Sebagai Karya Tulis Ilmiah Dalam Kegiatan Pengembangan Profesi Pengawas Sekolah. Jakarta.

Fatihah, RM . 2008. Pengertian konseling (Http://eko13.wordpress.com, diakses 19 Maret 2009).

Imron, Ali. 2000.  Pembinaan Guru Di Indonesia. Malang: Pustaka Jaya.
Kemendiknas. 2015. Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta.
             2015. Supervisi Akademik. Jakarta.
Kumaidi. 2008. Sistem Sertifikasi (http://massofa.wordpress.com diakses 10 Agustus 2009).

Nawawi, Hadari. 1985. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Pidarta, Made . 1992. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2009. Standar Kompetensi Pengawas Dimensi dan Indikator. Jakarta : Binamitra Publishing.

Suharjono. 2003. Menyusun Usulan Penelitian. Jakarta: Makalah Disajikan
 pada Kegiatan Pelatihan Tehnis Tenaga Fungsional Pengawas.

Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

             2006. Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi kedua
LAMPIRAN - LAMPIRAN
Mutu pendidikan amat ditentukan oleh mutu gurunya Mendiknas, Bapak Abdul Malik Fadjar “ (Republika, 2003). Untuk membangun pendidikan yang bermutu, yang paling penting bukan membangun gedung sekolah atau sarana dan prasarananya, melainkan harus dengan upaya peningkatan proses pembelajaran yang menyenangkan, mengasyikkan, dan mencerdaskan. Kesemuanya itu hanya dapat dilakukan oleh guru yang bermutu.












LAMPIRAN – LAMPIRAN
















Lampiran 1
Lembar Wawancara kepada Guru

Ada beberapa pertanyaan yang akan ditanyakan kepada  guru yang berhubungan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
2.        Apakah bapak/Ibu memiliki dokumen Permendikbud No.103 tahun 2014?
3.        Apakah  bapak/Ibu  pernah mengikuti pelatihan/penataran dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013?
4.        Apakah bapak/Ibu ada membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013?
5.        Jika ada, apakah bapak/ ibu menyusunnya sendiri atau mengadopsi RPP Kurikulum 2013 atau mengadaptasi RPP Kurikulum 2013 yang dibuat oleh orang lain  ?
6.        Kalau tidak mengapa ?   Jelaskan !
7.        Bagaimanakah  pendapat bapak/Ibu  jika seorang guru mengajar tanpa menggunakan Rencana Pelaksanaan  Pembelajaran Kurikulum 2013?
8.        Apakah ada kendala dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013?
9.        Apakah bapak/Ibu  setuju  guru mengajar menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013?
10.    Apakah Bapak/Ibu tahu komponen-komponen yang harus ada pada RPP Kurikulum 2013?


Lampiran  2

Lembar Wawancara kepada Guru

Beberapa pertanyaan yang  ditanyakan kepada  guru yang berhubungan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebagai berikut.
1.      Apakah Bapak/Ibu mengetahui kerangka dalam menyusun RPP Kurikulum 2013?
Jawab:  Semua guru mengatakan belum mengetahuinya.
2.      Apakah Bapak/Ibu memiliki dokumen Permendikbud No.103 tahun 2014?
       Jawab:  Semua guru mengatakan tidak memilikinya. Hanya sebuah sebagai dokumen sekolah.
3.          Apakah  Bapak/Ibu  pernah mengikuti pelatihan/penataran dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013?
Jawab:  Enam dari delapan orang guru menyatakan belum pernah mengikuti pelatihan pengembangan/penyusunan RPP Kurikulum 2013 .
4.      Apakah Bapak/Ibu ada membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013?
Jawab:  Semuanya menyatakan telah membuat RPP Kurikulum 2013 , tapi tidak tahu apakah RPP Kurikulum 2013yang telah mereka buat, benar/salah, lengkap/belum.
5.        Jika ada, apakah Bapak/ Ibu menyusunnya sendiri atau mengadopsi RPP Kurikulum 2013atau mengadaptasi RPP Kurikulum 2013 yang dibuat oleh orang lain  ?
Jawab:  Sebagian besar menyatakan mengadopsi dan mengadaptasi RPP Kurikulum 2013 orang lain.
6.      Kalau tidak mengapa ?   Jelaskan !
       Jawab:  -
7.      Bagaimanakah  pendapat Bapak/Ibu  jika seorang guru mengajar tanpa menggunakan Rencana Pelaksanaan  Pembelajaran ?
Jawab:  Mereka mengatakan akan merasa kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran dan berlangsung kurang sistematis karena tidak ada acuan/pedoman dalam melaksanakannya.
8.      Apakah ada kendala dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013?
       Jawab:  Sebagian besar menjawab  “ada.”
9.          Apakah Bapak/Ibu  setuju  guru mengajar menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013?
Jawab:  Semuanya menyatakan  “setuju.”
10.  Apakah Bapak/Ibu tahu komponen-komponen RPP Kurikulum 2013 secara lengkap?
        Jawab:  Sebagian besar menyatakan belum tahu.









Lampiran 3
ANGKET YANG BERHUBUNGAN DENGAN MOTIVASI

NAMA GURU          :
ASAL SEKOLAH     :
ALAMAT SEKOLAH  :

1.        Guru wajib memiliki Standar proses dan standar penilaian
a.    Sangat setuju                                b. Setuju                 c. Tidak setuju   d. Sangat tidak setuju

2.        Guru berkewajiban membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013
a.   Sangat setuju                                b. Setuju                 c. Tidak setuju   d. Sangat tidak setuju

3.        Rencana Pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013digunakan sebagai acuan dalam mengajar
a.  Sangat setuju                                 b. Setuju                 c. Tidak setuju   d. Sangat tidak setuju

4.        Dalam penyusunan RPP Kurikulum 2013 paling sedikit memuat lima komponen yaitu tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pembelajaran, sumber belajar dan penilaian hasil belajar
a.   Sangat setuju                                b. Setuju                 c. Tidak setuju   d. Sangat tidak setuju

5.        Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik
a.   Sangat setuju                                b. Setuju                 c. Tidak setuju   d. Sangat tidak setuju

6.        Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsif dan prosedur yang relevan
a.       Sangat setuju                              b. Setuju                 c. Tidak setuju   d. Sangat tidak setuju

7.        Metode pembelajaran sesuai dengan karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran
a.   Sangat setuju                                b. Setuju                 c. Tidak setuju   d. Sangat tidak setuju

8.        Sumber belajar didasarkan pada KI, KD, Materi ajar, kegiatan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi
a.   Sangat setuju                                b. Setuju                 c. Tidak setuju   d. Sangat tidak setuju

9.        Penilaian hasil belajar mengacu kepada standar penilaian
a.   Sangat setuju                                b. Setuju                 c. Tidak setuju   d. Sangat tidak setuju

10.    Komponnen penilaian dilengkapi dengan soal, pedoman penskoran dan kunci jawaban
a.   Sangat setuju                                b. Setuju                 c. Tidak setuju   d. Sangat tidak setuju


11.    RPP Kurikulum 2013 yang sudah dibuat perlu direvisi apabila  tidak dapat dilaksanakan di kelas
a.   Sangat setuju                                b. Setuju       c. Tidak setuju             d. Sangat tidak setuju

KETERANGAN :
Kolom komponen/aspek motivasi diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut :
STS  =     Sangat tidak setuju,     skor   1
TS     =     Tidak setuju                skor   2
S        =     Setuju                          skor   3
ST     =     Sangat setuju               skor   4


                                                                                    Demak,…………...2015
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                           Peneliti




SUPRIYANTO, S.Pd                                                            KARTONO, S.Pd
Nip. 19621005 198304 1 001                                     NIP. 19710627 199903 1 007

Lampiran 4
PEDOMAN PENILAIAN RPP KURIKULUM 2013
NAMA RESPONDEN          :…………………………………………………………..
NIP/NUPTK                           :………………………………………………………….
BIDANG STUDY                 :………………………………………………………….
KELAS                                   :…………………………………………………………...
No
Komponen
NILAI
Keterangan
1
2
3
4
1.
Mencantumkan Identitas





2.
Mencantumkan KI





3.
Mencantumkan KD





4.
Mencantumkan Indikator





5.
Mencantumkan Materi





6.
Mencantumkan Langkah-langkah kegiatan pembelajaran





7.
Mencantumkan Alokasi waktu





8.
Mencantumkan Sumber Belajar





9.
Mencantumkan Penilaian






Jumlah




Total =

Catatan :
Skor 1 : Tidak Mencantumkan
Skor 2 : Mencantumkan tapi tidak sinkron
Skor 3 : Mencantumkan secara singkat
Skor 4 : Mencantumkan secara lengkap dan sinkron

Saran :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Perbaikan :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
                                                                                                Demak,…………...2015
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Peneliti




SUPRIYANTO, S.Pd                                                                        KARTONO, S.Pd
NIP. 19621005 198304 1 001                                                      NIP. 19710627 199903 1 007































Lampiran 5

LOGOdEMAKPEMERINTAH KABUPATEN DEMAK
UPTD DIKPORA KECAMATAN DEMPET
SD NEGERI KEDUNGORI 1
Alamat : Desa Kedungori Kecamatan Dempet Kabupaten Demak
 


SURAT IJIN PENELITIAN
Nomor: 421.2/III /2015
Yang bertanda tangan di bawah ini kepala SD Kedungori 1 UPTD Dikpora Kecamatan Dempet, memberikan ijin Penelitian Tindakan Sekolah kepada:
Nama               : Kartono, S. Pd
NIP                  : 19710627 199903 1 007
Jabatan                        : Guru Kelas/ IVA
Unit Kerja        : SD Negeri Kedungori 1
Judul PTS        : Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan
                           Pembelajaran Kurikulum 2013 Melalui  Pedampingan di SDN                                    Kedungori 1 UPTD Dikpora Kecamatan Dempet Kabupaten Demak
                           Tahun 2015

Demikian surat ini dibuat agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

                                                                                   
                                                                                    Demak, 22 Maret 2015
                                                                                    Kepala Sekolah


                                                                                    Supriyanto, S.Pd
                                                                                    NIP. 19621005 198304 1 001


Lampiran 6
FORMAT KESEDIAAN SEBAGAI TEMAN SEJAWAT
DALAM PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN

Kepada
Kepala Dinas Pendidikan Wilayah Jawa Tengah
Di Semarang

Yang bertanda tangan dibawah ini, menerangkan bahwa :
Nama                             :   KISWATI, S.Pd
NIP                                :   19720329 199603 2 001
Tempat mengajar           :   SD Negeri Kedungori 1
Alamat Sekolah             :   SD Negeri Kedungori 1
Telepon                         :   -
Menyatakan bersedia sebagai teman sejawat untuk mendampingi dalam pelaksanaan Penelitian Tindakan Sekolah atas nama :
Nama                             :   KARTONO, S.Pd
NIP                                :   19710627 199903 1 007
Mengajar Kelas              :   VI
Tempat mengajar           :   SD Negeri SD Negeri Kedungori 1
Alamat Sekolah             :   SD Negeri Kedungori 1
Telepon                         :   -
Demikian agar surat pernyataan ini dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Mengetahui
Kepala Sekolah


SUPRIYANTO, S.Pd
NIP. 19621005 198304 1 001

Dempet, 23  Maret 2015
Teman sejawat


KISWATI, S.Pd
NIP. 19720329 199603 2 001
Lampiran 7
SURAT PERNYATAAN


Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                                    :   KARTONO, S.Pd
NIP                                       :   19710627 199903 1 007
Mengajar Kelas                     :   VI
Tempat mengajar                  : SD Negeri SD Negeri Kedungori
Menyatakan bahwa
Nama                                    :   KISWATI, S.Pd
NIP                                       :   19720329 199603 2 001
Mengajar Kelas                     :   V
Tempat mengajar                  :   SD Negeri Kedungori 1

Adalah teman sejawat yang akan mmbantu dalam Penelitian Tindakan Sekolah yang digunakan untuk Pengajuan PAK atau keperluan lainnya.

Demikian pernyataan ini dibuat untuk digunakan sebagaimana mestinya

      
Mengetahui
Kepala Sekolah



SUPRIYANTO, S.Pd
NIP. 19621005 198304 1 001
Dempet, 23  Maret 2015
Teman sejawat



KISWATI, S.Pd
NIP. 19720329 199603 2 001

Lampiran 8
PANITIA SEMINAR
                PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
MELALUI DESIMINASI HASIL PTK/PTS
KKG GUGUS PANGERAN DIPONEGORO
 

BERITA ACARA

Pada hari ini Sabtu tanggal Enam belas bulan Juni tahun Dua ribu limat belas  di  gugus Pangeran Diponegoro UPTD Dikpora Kecamatan Dempet, dari pukul 08.00-14.00 WIB telah diselenggarakan seminar Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui desiminasi hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS).
Nama Penyaji              : KARTONO, S.Pd.
NIP                             : 19710627 199903 1 007
Unit Kerja                   : SD Negeri Kedungori 1
Judul                           : Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana
                                      Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Melalui
                                       Pendampingan di SDN Kedungori  1 Tahun Pelajaran
                                       2014/2015.
Pembahas                    : Supriyanto, S.Pd ( Tim Penilai PAK Kabupaten Demak)
Jumlah Peserta            :  28 Orang

Berita acara ini dibuat dengan sesungguhnya agar dapat menjadikan periksa dan dipergunakan sebagaimana mestinya.
                                                                       
                                                                         

Yang Membuat Berita Acara

  Pembahas,                                                          Penyaji,





  Supriyanto, S.Pd                                                Kartono, S.Pd
              NIP. 19621005 198304 1 001                             NIP.19710627 199903 1 007


                 Mengetahui,                                                   Ketua
Ketua Gugus Pangeran Diponegoro                         Panitia Seminar
           Kecamatan Dempet
                                      
                                           

            Supriyanto, S.Pd.                                     Sugiyono Setyawan, S.Pd
     NIP. 19621005 198304 1 001                         NIP. 19640229 198405 1 001









PANITIA SEMINAR
                         PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
MELALUI DESIMINASI HASIL PTK/PTS
UPTD DIKPORA KECAMATAN DEMPET
 


BIODATA PESERTA


NAMA                                                :  ……………………………………...........
NIP                                                     :  …………………………………………..
TEMPAT  DAN TGL LAHIR           :  ……………………………………………
JABATAN                                          : Guru /Kepala Sekolah/Pengawas*)
UNIT KERJA                                     : …………………………………………...
ALAMAT  INSTANSI                      : ……………………………………………
ALAMAT RUMAH                           : ……………………………………………
NO TELEPON / HP                           : ……………………………………………
E-MAIL                                              : ……………………………………………
Setelah kegiatan ini ingin/tidak ingin*) melanjutkan mengikuti pelatihan penulisan PTK/PTS yang diselenggarakan KKG Gugus Pangeran Diponegoro KKG Gugus Pangeran Diponegoro.


                                                            Dempet, 16  Mei 2015
                                                            Yang Menyatakan,


                                                            ……………………………………
                                                NIP. ……………………………….
*) Coret yang tidak perlu





PANITIA SEMINAR
PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
MELALUI DESIMINASI HASIL PTK/PTS
KKG GUGUS PANGERAN DIPONEGORO
 

Nomor             : 02/PKB/V/2015
Hal                  : Undangan

Yth. Supriyanto, S.Pd
        Kepala SDN Kedungori 1
        di  Kedungori

Assalamualaikum Wr.Wb.
Mengharap kehadirannya besok pada:
hari, tanggal                : Senin, 23 Juni 2014
waktu                          : pukul 09.00 WIB
tempat                                     : SDN Kedungori  1 (Gugus P.Diponegoro)
keperluan                     :  pembahas seminar pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui desiminasi hasil PTK/PTS Guru dan Kepala Sekolah Gugus Pangeran Diponegoro.
Atas perhatiannya  kami ucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum Wr.Wb.



Dempet,  13  Mei  2015

                                                  PANITIA SEMINAR
               Ketua                                                       Sekretaris


                                                                                                         
                          
Sugiyono Setyawan, S.Pd                                   Jumadi, S,Pd
NIP. 19640229 198405 1 001                        NIP. 19581011 197802 1 002

PANITIA SEMINAR
PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
MELALUI DESIMINASI HASIL PTK/PTS
KKG GUGUS PANGERAN DIPONEGORO

 

Nomor             : 02/PKB/V/2015
Hal                  : Undangan


Yth.Bapak Supriyanto, S.Pd
Ketua KKG Gugus Pangeran Diponegoro
di  Dempet

Assalamualaikum Wr.Wb.
Mengharap kehadirannya besok pada:
hari, tanggal                : Sabtu, 16 Mei 2015
waktu                          : pukul 09.00 WIB
tempat                         : SDN Kedungori 1 UPTD Dikpora Kecamatan DEMPET
keperluan                     : pembukaan seminar pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui desiminasi hasil PTK/PTSGuru dan Kepala Sekolah KKG Gugus Pangeran Diponegoro.
Atas perhatiannya  kami ucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum Wr.Wb.

Dempet,  13 Mei  2015

PANITIA SEMINAR
Ketua                                                                    Sekretaris



                          
Sugiyono Setyawan, S.Pd                                             Jumadi, S,Pd
NIP. 19640229 198405 1 001                             NIP. 19581011 197802 1 002

PANITIA SEMINAR
PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
MELALUI DESIMINASI HASIL PTK/PTS
KKG GUGUS PANGERAN DIPONEGORO

 


Nomor             : 02/PKB/V/2015
Hal                  : Undangan


Yth. Bapak H. Purnomo, S.Pd, M.Pd
        Pengawas TK/SD Dabin 1 UPTD Dikpora Kecamatan Dempet
di  tempat

Assalamualaikum Wr.Wb.
Mengharap kehadirannya besok pada:
hari, tanggal                : Sabtu, 16 JMei 2015
waktu                          : pukul 09.00 WIB
tempat                         : SDN Kedungori 1 UPTD Dikpora Kecamatan DEMPET
keperluan                     : pembukaan seminar pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui desiminasi hasil PTK/PTS Guru dan Kepala Sekolah KKG Gugus Pangeran Diponegoro.
Atas perhatiannya  kami ucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum Wr.Wb.

             Dempet,  13  Mei  2015

PANITIA SEMINAR
Ketua                                                         Sekretaris



                          
Sugiyono Setyawan, S.Pd                                           Jumadi, S,Pd
NIP. 19640229 198405 1 001                             NIP. 19581011 197802 1 002
PANITIA SEMINAR
PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
MELALUI DESIMINASI HASIL PTK/PTS
KKG GUGUS PANGERAN DIPONEGORO
 



Nomor             : 02/PKB/V/2015
Hal                  : Undangan


Yth. Bapak/Ibu …………………….....
        Kepala SD Negeri ……………………….
        Gugus Pangeran Diponegoro
        di  tempat

Assalamualaikum Wr.Wb.
Mengharap kehadirannya besok pada:
hari, tanggal                : Sabtu, 16 Mei 2015
waktu                          : pukul 08.00 WIB
tempat                         : SDN Kedungori 1, UPTD Dikpora Kecamatan DEMPET
keperluan                     :  peserta seminar pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui desiminasi hasil PTK/PTS Guru dan Kepala Sekolah KKG Gugus Pangeran Diponegoro.

Atas perhatiannya  kami ucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum Wr.Wb.
Dempet,  13 Mei  2015

PANITIA SEMINAR
              Ketua                                                               Sekretaris

                          

Sugiyono Setyawan, S.Pd                                          Jumadi, S,Pd
 NIP. 19640229 198405 1 001                        NIP. 19581011 197802 1 002
PANITIA SEMINAR
PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
MELALUI DESIMINASI HASIL PTK/PTS
KKG GUGUS PANGERAN DIPONEGORO



 


Jadwal Kegiatan
No
Waktu
Materi
Ket
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13

08.00-09.00
09.00-09.30
09.30-09.45
09.45-10.00
10.00-10.15
10.15-10.30
10.30-10.45
10.45-11.00
11.00-11.15
11.15-12.00
12.00-12.30
12.30-13.30
13.30 – 14.00

Registrasi Peserta
Pembukaan
Penyaji 1
Penyaji 2
Penyaji 3
Penyaji 4
Penyaji 5
Penyaji 6
Penyaji 7
Pembahas  (Nara Sumber)
Istirahat (Ishoma)
Pembahas  (Nara Sumber)
Penutupan
Panitia
Ka  Dabin
Moderator
Moderator
Moderator
Moderator
Moderator
Moderator
Moderator
Moderator
Panitia
Moderator
Panitia
                                                                                                           Dempet,  16  Mei  2015

PANITIA SEMINAR

Ketua                                                        Sekretaris  



                          
Sugiyono Setyawan, S.Pd                                        Jumadi, S,Pd
NIP. 19640229 198405 1 001                            NIP. 19581011 197802 1 002











PROPOSAL

SEMINAR HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
DAN PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH (PTS) BAGI GURU
DAN KEPALA SEKOLAH DI KKG GUGUS PANGERAN DIPONEGORO



Diselenggarakan
Oleh:

KELOMPOK KERJA GURU (KKG)
  GUGUS PANGERAN DIPONEGORO



UPTD DIKPORA KECAMATAN DEMPET
KABUPATEN DEMAK
2015


PROPOSAL
SEMINAR HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DAN
PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH (PTS) BAGI GURU DAN KEPALA SEKOLAH DI GUGUS PANGERAN DIPONEGORO

A.    Pendahuluan
Guru merupakan pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Dalam menjalankan tugasnya tersebut haruslah secara profesional. Sebagai  bentuk aktualisasi tenaga profesional, maka pemerintah memberikan payung hukum dalam bentuk Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.
Undang-undang tersebut mengatur tentang persyaratan, tugas, kewajiban, dan hak-hak guru dan dosen.Salah satu hak guru adalah mendapatkan kenaikan pangkat dan tunjangan profesi. Untuk dapat naik pangkat ke jenjang yang lebih tinggi berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional  Nomor 35 tahun 2010 tentang petunjuk teknis dan pelaksanaan jabatan fungsional guru dan angka kreditnya seorang guru harus memenuhi syarat nilai dalam Penilaian Kinerja Guru (PKG), melaksanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), dan mendapatkan nilai  angka kredit penunjang.
Untuk dapat memenuhi persyaratan tersebut, guru professional haruslah mampu dan mau melakukan kegiatan pengembangan diri, publikasi karya ilmiah, serta menemukan karya inovatif. Kegiatan tersebut hendaklah difasilitasi  oleh Tim PKB  baik ditingkat gugus, kecamatan, kabupaten, maupun provinsi. Berdasarkan hal tersebut maka Tim PKB Kecamatan DEMPET akan memfasilitasi guru dan kepala sekolah yang akan mengajukan kenaikan pangkat dengan  memanfaatkan  karya ilmiah melalui seminar. Kegiatan ini sebagai  bentuk desiminasi hasil penelitian yang dilakukan oleh guru maupun kepala sekolah.

B.     Dasar
1.      Undang-undangn Nomor 20 Tahun  2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.      Undang-Undang Nomor 14 tahun  2005 tentang Guru  dan Dosen.
3.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 38 Tahun 2010  tentang Penyesuaian jabatan  fungsinal guru .
4.        Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan  Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 120 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.


C.    Tujuan
1.      Meningkatkan profesionalitasan guru di KKG Gugus Pangeran Diponegoro.
2.      Membangun budaya kreatif dan inovatif  dalam kajian karya ilmiah bagi guru  di KKG Gugus Pangeran Diponegoro.
3.      Mendesiminasikan hasil  karya ilmiah guru/kepala sekolah  di KKG Gugus Pangeran Diponegoro.

D.    Manfaat
1.      Meningkatkan kompetensi  profesional pendidik pada aspek penulisan karya ilmiah sebagai bentuk pengembangan profesi  guru/kepala sekolah.
2.      Mendukung  peningkatan kualitas layanan belajar bagi peserta  didik.
3.      Memfasilitasi guru atau kepala sekolah yang akan mengajukan angka kredit untuk kenaikan pangkat yang lebih  tinggi.
4.      Memberikan  wawasan baru  bagi guru dan kepala sekolah tentang pengajuan penilaian  angka kredit untuk jabatan fungsional guru.

E.     Nama Kegiatan
Seminarhasil  penelitian  tindakan kelas  dan penelitian tindakan sekolah bagi guru dan kepala sekolah SD di KKG Gugus Pangeran Diponegoro.

F.     Kepanitiaan
Susunan  panitia kegiatan seminar:
1.      Penanggungjawab             : Ketua KKG Gugus Pangeran Diponegoro (Supriyanto, S.Pd)
2.      Ketua                                : Sugiyono, S. Pd.
3.      Sekretaris                          : Jumadi, S.Pd
4.      Bendahara                         : Surati, S.Pd
5.      Humas                               : H. Abdul Jamil, S.Pd
  Supriyanto, S.Pd
G.    Pembiayaan
1.      Rencana anggaran kegiatan seminar
a.       Kepanitiaan                                                                 1.100.000
Penanggungjawab       : 500.000
Ketua                          : 300.000
Sekretaris                    : 250.000
Bendahara                   : 250.000
b.      Pembahas /Nara Sumber                                             :    500.000
c.       Kesektetariatan                                                           :    400.000
d.      Moderator                                                                   :    100.000
e.       Pembuatan piagam                                                      :    300.000
f.       Undangan dan penggandaan makalah                                    :    800.000
g.      Kebersihan                                                                  :    100.000
h.      Perlengkapan dan dekorasi                                         :    350.000
i.        Snak  dan makanan (70) @20.000                              : 1.400.000
j.        Lain-Lain                                                                    :    250.000
Jumlah                                                                           5.300.000
2.      Sumber  Dana  
a.       Peserta 50 @ 50.000                                                   2.500.000
b.      Penyaji 7 @ 400.000                                                   2.800.000
Jumlah                                                                         5.300.000
H.    Peserta
1.      Penyaji guru dan kepala SD sebanyak 7 orang
2.      Peserta seminar  dua  KS  dan 20 Guru dari masing-masing SD di  Gugus Pangeran Diponegoro (50)

I.       Pelaksanaan
a.       Hari/Tanggal                     : Senin, 23 Juni 2014
b.      Waktu                               : pukul 09.00-14.00 WIB
c.       Tempat                              : Aula SDN Dempet 1 Gugus Pangeran Diponegoro
d.      Keterangan                        : pakaian sipil harian

J.       Jadwal Kegiatan
No
Waktu
Materi
Ket
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13

08.00-09.00
09.00-09.30
09.30-09.45
09.45-10.00
10.00-10.15
10.15-10.30
10.30-10.45
10.45-11.00
11.00-11.15
11.15-12.00
12.00-12.30
12.30-13.30
13.30 – 14.00

Registrasi Peserta
Pembukaan
Penyaji 1
Penyaji 2
Penyaji 3
Penyaji 4
Penyaji 5
Penyaji 6
Penyaji 7
Pembahas  (Nara Sumber)
Istirahat (Ishoma)
Pembahas  (Nara Sumber)
Penutupan
Panitia
Ka  UPTD
Moderator
Moderator
Moderator
Moderator
Moderator
Moderator
Moderator
Moderator
Panitia
Moderator
Panitia
                                                                       




 Dempet,  4  Mei  2015

                                                        PANITIA SEMINAR

                Ketua                                                      Sekretaris



                          
Sugiyono Setyawan, S.Pd                                   Jumadi, S,Pd
 NIP. 19640229 198405 1 001                        NIP. 19581011 197802 1 002

































PEMERINTAH KABUPATEN DEMAK
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
 KKG GUGUS PANGERAN DIPONEGORO
UPTD DIKPORA KECAMATAN DEMPET


PIAGAM PENGHARGAAN
Nomor: 421.2/ 5  /2015

Diberikan kepada:

Kartono, S.Pd
NIP 196710627 199903 1 007
SD Negeri Kedungori 1

Sebagai
Penyaji

Seminar Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang diselenggarakan oleh Panitia Seminar KKG Gugus Pangeran Diponegoro
UPTD Dikpora Kecamatan Dempet
pada hari Senin, 23 Juni 2014 

                                                             Demak, 27 Juni 2014

                         
            Ketua KKG                                           Ketua
Gugus Pangeran Diponegoro                       Panitia Seminar



Hadi Marganingsih, S.Pd.SD                     SUGIYONO SETYAWAN, S.Pd
NIP. 19620410 198201 2 001                       NIP . 19640229 198405 1 001





hitam putihDINAS PENDIDIKAN KABUPATEN  DEMAK
UPTD DIKPORA KECAMATAN DEMPET
       SEKOLAH DASAR NEGERI  KEDUNGORI 1                                


DAFTAR HADIR SEMINAR PTS

NO
NAMA/NIP
ASAL SEKOLAH
TANDA TANGAN
1.
SUPRIYANTO, S.Pd
SDN Kedungori 1
1.
2
KISWATI, S.Pd.SD
SDN Kedungori 1
2.
3
INDAH SUKOWATI, S.Pd.SD
SDN Kedungori 1
3.
4
KARTONO, S.Pd
SDN Kedungori 1
4.
5
SUFROTUN MAHFUNDOH
 
SDN Kedungori 1
5.
6
SUHARTO, S.Pd.
SDN Kedungori 1
6.
7
SUBANDRIYOA,  S.Pd.SD
SDN Kedungori 1
7.
8

PADEKAN,S.PdI.

SDN Kedungori 1
8.
9
EKO PURWADI, S.Pd.SD
SDN Kedungori 1
9.
10
SRI RUMISIH
SDN Kedungori 1
10.
11

MUHAMAD NUR  IRKHAM

SDN Kedungori 1
11.
12

ELVIRA INDAH ARYANI

SDN Kedungori 1
12.
13

SAKIRAH, S.Pd

SDN Dempet 1
13.
14

SOCHIB, S.Pd.SD

SDN Dempet 1
14.
15

YUMI, S.Pd.SD

SDN Dempet 1
15.
16

SUDARYONO, S.Pd.SD

SDN Dempet 2
16.
17

SUBANDI, S.Pd.SD

SDN Dempet 2
17.
18

NGATMIN, S.Pd.SD

SDN Dempet 2
18.
19

SUYASTRI, S.Pd.SD

SDN Dempet 2
19.
20

SUGIYONO, S.Pd

SDN Dempet 2
20.
21

SRI MURNIATI, S.Pd.SD

SDN Dempet 3
21.
22

PARTINAH, S.Pd.SD

SDN Dempet 3
22.
23

SRI KUNYATI, S.Pd

SDN Dempet 3
21.
24

SRI SULISTYOWATI, S.Pd

SDN Dempet 4
23.
25

ASRI WURYANI, S.Pd

SDN Dempet 4
24.
26

SURATI, S.Pd

SDN Botosengon 1
25.
27

SUNARMI, S.Pd.SD

SDN Botosengon 1
26.
28

INDRIYATI

SDN Botosengon 1
27.

Mengetahui
Kepala SD Negeri Kedungori 1




           SUPRIYANTO, SPd
   NIP 19621005 198304 1001

Kedungori, ...........................2015
Panitia Diklat/Calon Kepala  Sekolah



             KARTONO,S.Pd
             NIP 19710627 199903 1 007


Tidak ada komentar:

Posting Komentar